Rabu, 20 Mei 2015

Proposal KKN 68 Lumajang 2014


RENCANA PROGRAM 45 HARI KELOMPOK KKN 68 MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER GEL. 1 T.A. 2014/2015 DUSUN JOMBANG                     DESA YOSOWILANGUN LOR, KEC.YOSOWILANGUN,                                     KAB. LUMAJANG



PROPOSAL KULIAH KERJA NYATA TEMATIK POSDAYA



Oleh:
KELOMPOK 68
                         Aldy Arifian Permadi                        (Fakultas Pertanian)
                      Khalimatus Sa’diyah                 (Fakultas Teknologi Pertanian)
                      Yanggi Eriyanda Darmawan    (Fakultas Ekonomi)
                      Amrina Rosada Afny                (Fakultas Ekonomi)
                      Abdul Haqqi                             (Fakultas Teknik)



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN                          UNIVERSITAS JEMBER                                                                                               2015
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
(Januari, 2015)

HALAMAN PENGESAHAN
a. Judul
:
RENCANA PROGRAM 45 HARI KELOMPOK KKN 68 MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER GEL. 1 T.A. 2014/2015 DUSUN JOMBANG DESA YOSOWILANGUN LOR, KEC.YOSOWILANGUN,                                   KAB. LUMAJANG
b. Koordinator


Nama
:
Aldy Arifian Permadi
NIM
:
111510501085
Fakultas
:
Pertanian
c. Jumlah Anggota
:
4 Anggota
d. Lokasi


Desa
:
Yosowilangun Lor
Kecamatan
:
Yosowilangun
Kabupaten
:
Lumajang
e. Waktu Pelaksanaan
:
8 Januari – 13 Februari 2015

                                                                                           Jember, 15 Januari 2015
Dosen Pembimbing Lapang (DPL)                                Koordinator,



 .................................................                                        ....................................
NIP.                                                                                  NIM.

Mengetahui,
Ketua Pusat KKN
Universitas Jember




Dr. Hidayat Teguh Wiyono,MPD
NIP. 195805281988021002
BAB 1. PENDAHULUAN

1.1  Analisis Situasi`
Desa Yosowilangun Lor merupakan desa yang terletak di Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Pripinsi Jawa Timur. Desa tersebut terdiri dari tiga dusun, yaitu Dusun Krajan, Dusun Jombang, dan Dusun Bulaktal. Jumlah kepala keluarga secara keseluruhan 2303 di Dusun Krajan sebesar 937, Jombang sebesar 744, dan Dusun Bulaktal sebesar 632. Profesi warga sebagian besar adalah wiraswasta dan buruh tani. Secara keseluruhan jumlah wiraswasta di Desa Yosowilangun Lor sebanyak 860 dan buruh tani sebanyak  834. Jika dilihat dari kondisi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan, khususnya Dusun Jombang sudah berkembang dengan baik. Hal ini terbuktinya dengan adanya sebuah lembaga yang bergerak dibidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Lembaga tersebut bersifat kemasyarakatan yang disebut dengan GERBANGMAS (Gerakan Membangun Masyarakat). GERBANGMAS mempunyai program kerja yang bergerak pada keempat bidang tersebut. Namun program tersebut masih perlu peningkatan untuk lebih membangun masyarakat menjadi lebih sejahtera.  
Warga di Dusun Jombang mempunyai potensi kerajinan tangan yang memanfaatkan sampah daur ulang. Sampah-sampah ini berasal dari Bank Sampah yang merupakan program GERBANGMAS. Namun selama ini kerajinan tersebut diproduksi ketika ada pameran atau bazar. Kerajinan yang diproduksi oleh warga memiliki potensi sebagai penambah penghasilan warga jika dapat dipasarkan lebih meluas. Pak Nonok selaku Kepala Dusun Jombang menjelaskan bahwa warga terkendala dalam pemasaran kerajinan. Dengan demikian perlu adanya pengembangan kerajinan tangan melalui teknik pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan internet. Pemasaran ini dapat melalui aplikasi internet berupa facebook dengan membuat grup dan halaman.   
Tingkat pendidikan warga di Desa Yosowilangun Lor kebanyakan SD/MI sebesar 921,  SLTP/MTs sebesar 260, SLTA/MA sebesar 249, D III sebesar 200, DI/II sebesar 130,  Strata I sebesar 100, Strata II sebesar 100, Strata III sebesar 10, dan tidak tamat SD sebesar 67. Pendidikan agama warga di Dusun jombang sudah cukup berkembang. Namun kegiatan pendidikan agama usia dini perlu dikembangkan untuk membentuk perilaku taat beragama sejak dini. Selain itu pendidikan Pola Hidup Bersih dan Sehat sejak usia dini sangat penting guna meningkatkan kesehatan BALITA dan mencegah timbulnya penyakit yang berasal dari cara hidup yang kurang bersih, khususnya CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) yang dapat meminimalisir diare. Hal ini dapat dikembangkan melalui kegiatan keagamaan dan Pola Hidup Bersih pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Dusun Jombang.
Menurut sumber-sumber terkait, kesadaran warga Desa Yosowilangun Lor akan lingkungan perlu ditingkatkan. Program Bank Sampah yang bergerak dibidang lingkungan sudah cukup berkembang. Bank sampah ini  berfungsi untuk mengelola sampah menjadi pupuk organik atau barang-barang yang dapat dijual kembali misalnya kerajian tangan. Bank Sampah ini dapat menambah penghasilan warga karena sampah ini akan dijual kemudian hasil penjualannya disimpan dalam bentuk tabungan warga. Namun beberapa warga belum memanfaatkan hal tersebut secara optimal sehingga perlu untuk mengembangkan lebih lanjut mengenai Bank Sampah agar warga lebih peduli terhadap lingkungannya. Selain itu, masih banyak pekarangan yang belum dimanfaatkan oleh warga. Dengan demikian perlu adanya program penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan PARALING (Pagar Ramah Lingkungan).  
Dari segi kesehatan, warga Dusun Jombang peduli terhadap akan kebutuhan gizi, namun masih tetap perlu ditingkatkan. Dengan demikian perlu sosialiasi dengan cara efektif melalui program “Kelas Gizi” yang berbasis pemanfaatan internet. Yang menjadi sasaran dalam  program ini adalah ibu-ibu karena ibu merupakan orang yang selalu berpartisipatif pada keluarga dalam hal penyediaan menu makanan sehari-hari terutama bagi anak atau BALITA. Program ini dilaksanakan dengan bekerjasama pihak Dinas Kesehatan Kecamatan Yosowilangun.
Selain itu juga terdapat program GERBANGMAS, yaitu Posyandu dan senam ibu hamil. Posyandu ini dilaksanakan satu bulan sekali. Namun dalam pelaksanaannya perlu penguatan agar BALITA maupun warga menjadi lebih sehat. Senam ibu hamil ini berfungsi untuk membantu ibu hamil saat relaksasi saat kelahiran menjadi lebih mudah.
1.1.1        Letak geografis desa
Letak geografis desa Yosowilangun Lor terletak pada : 8,223228o LS – 8,26277o LS dan 133,261379o BT. Desa Yosowilangun Lor merupakan dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 100 M dari permukaan air laut, beriklim tropis dengan suhu antara 23 – 33o C. Berjarak sekitar ± 10 KM dari pantai Laut  Selatan Jawa ( Samudra Indonesia ) dan merupakan wilayahdengan curaj hujan 2.000 – 3.000 mm per tahun.
Batas wilayah desa Yosowilangun Lor adalah :
-          Sebelah utara         : Kalipepe
-          Sebelah selatan      : Yosowilangun Kidul / Tunjung Rejo
-          Sebelah timur        : S. Bondoyudo
-          Sebelah barat         : Wotgalih / Munder / Kebonsari / Krai
Luas wilayah desa Yosowilangun Lor adalah :
-          Luas wilayah                     : 571.985 Ha
-          Luas lahan pertanian         : 403.73 Ha
-          Luas lahan perkebunan     : 200.60 Ha
-          Luas ladang / tegalan        : 20.37 Ha
-          Luas pemukiman               : 147.885 Ha
-          Panjang jalan                     : 20 Km
-          Luas makam                      : 3 Ha
-          Lain-lain                            : - Ha
1.1.2        Kondisi Geografis Dusun
Dusun Jombang, Desa Yosowilangun Lor sebagian besar merupakan lahan pertanian. Sebesar 75% merupakan daerah persawahan dan 25% merupakan lahan pekarangan. Perkarangan tersebut digunakan untuk menanam pisang, apotik hidup, dan lain-lain. Dan tidak lahan yang tidak dimanfaatkan. Sehingga semuanya bisa bermanfaat bagi warga desa Yosowilangun Lor ini.
1.2  Permasalahan
Dari analisis di atas dapat diambil beberapa permasalahan di dusun Jombang, desa Yosowilangun Lor, kecamatan Yosowilangun, kabupaten Lumajang yaitu:
a.    Dalam bidang ekonomi, Dusun Jombang perlu adanya teknik pemasaran yang efektif untuk memasarkan hasil kerajinan tangan sampah daur ulang.
b.    Dalam bidang pendidikan, pendidikan keagamaan usia dini sangat penting untuk membentuk perilaku taat beragama sejak dini. 
c.    Dalam bidang lingkungan, perlu adanya peningkatan pelaksanaan program Bank Sampah, PARALING, dan penanaman TOGA agar warga menjadi lebih peduli terhadap lingkungannya.
d.   Dalam bidang kesehatan, gizi dan kesehatan warga Dusun Jombang perlu ditingkatkan.

1.3  Tujuan dan Manfaat
1.3.1   Tujuan
Tujuan dilaksanakannya program KKN di Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor, Kecamatan Yosowlangun, Kabupaten Lumajang yaitu:
a.    Untuk membantu mengembangkan pemasaran produk usaha kerajinan tangan warga.
b.    Untuk membentuk perilaku yang taat beragama, berpendidikan, dan memiliki moral yang baik.
c.    Untuk meningkatkan kepedulian warga Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor terhadap lingkungan sekitar.
d.   Untuk meningkatkan gizi dan kesehatan warga Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor.
1.3.2    Manfaat
Dengan melaksanakan program kerja KKN di Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor, kecamatan Yosowilangun yang telah disusun dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan diharapkan:
a.    Yosowilangun Lor mempunyai usaha produk khas yang mempunyai jangkauan pemasaran yang luas.
b.    Terbentuknya perilaku yang taat beragama, berpendidikan, dan memiliki moral yang baik sejak usia dini.
c.    Terwujudnya lingkungan Dusun Jombang Desa Yowowilangun Lor yang bersih dan sehat.
d.   Warga semakin sadar akan pentingnya gizi yang cukup dan kesehatan. 




























BAB 2. METODE

2.1    Tempat dan Waktu Kegiatan
Program KKN Gelombang I T.A. 2014/2015 dilaksanakan di Dusun Jombang,  desa Yosowilangun Lor, kecamatan Yosowilangun, kabupaten Lumajang. Pelaksanaan program kegiatan KKN Gelombang I T.A. 2014/2015 dimulai pada tanggal 8 Januari 2015 hingga tanggal 13 Februari 2015. Waktu kegiatan akan disesuaikan dengan jenis dan lokasi kegiatan-kegiatan yang ditentukan.

2.2    Khalayak  Sasaran
Kegiatan KKN yang akan dilaksanakan ini diharapkan dapat membantu masyarakat desa dalam pengembangan dan pembangunan desa dengan potensi yang dimiliki oleh desa tersebut. Adapun yang menjadi sasaran dari kegiatan KKN LPM Universitas Jember yang tersebut di beberapa dusun adalah sebagai berikut:
a.    Kader GERBANGMAS
b.    Anak usia sekolah dan pra sekolah/BALITA
c.    Perangkat desa
d.   Ibu-ibu rumah tangga

2.3    Jenis Kegiatan
Untuk mencapai tujuan dari dilaksanakannya KKN Tematik Posdaya Gel. I T.A. 2014/2015 maka perlu diselenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu tercapainya tujuan tersebut, antara lain:
2.3.1   Bidang Pendidikan
a.    Pendidikan keagamaan dan CTPS(Cuci Tangan Pakai Sabun).
2.3.2   Bidang Kesehatan
a.    Kelas gizi
b.    Posyandu
c.    Senam ibu hamil
2.3.3   Bidang Lingkungan
a.     Bank sampah
b.    PARALING (Pagar Ramah Lingkungan).
2.3.4   Bidang Ekonomi
a.     On line shop kerajinan tangan khas Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor.

2.4    Teknik Kegiatan
Dalam pelaksanaannya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini memerlukan adanya pertisipasi aktif dari warga, karena partisipasi dari warga yang paling penting dalam menjalankan suatu Posdaya.  Metode yang digunakan adalah memupuk peran aktif masyarakat desa dalam segala kegiatan yang terbagi menjadi jadi dua cara pendekatan yaitu:
2.4.1   Pendekatan Formal
a.     Dialog atau berkomunikasi langsung dengan warga
b.    Peragaan/demontrasi/simulasi dan pengajaran
2.4.2   Pendekatan Non Formal
a.     Pendekatan kelompok
Model pendekatan kelompok ini dilakukan dengan cara penyuluhan secara kelompok, simulasi dan tanya jawab. Pendekatan ini akan dilakukan pada Pengajian rutin, dan Rukem.
b.    Pendekatan individu
Pendekatan ini diilakukan dengan cara  bersilaturahmi ke rumah-rumah penduduk terutama pada tokoh masyarakat dan perangkat Desa (kepala Desa, kepala dusun dan tokoh masyarakat), dengan begitu kita dapat lebih akrab dengan para warga sekitar serta dapat mengetahui permasalahan apa yang terjadi di masyarakat.
2.4.3   Partisipasi
Pendekatan yang akan dilakukan dengan cara ikut berpartisipasi pada kegiatan yang terdapat di masing-masing dusun dan ikut berperan dalam kegiatan yang ada di Desa, misalnya dengan mengikuti pengajian rutin yang dilakukan dalam seminggu sekali di lingkungan desa tersebut.

BAB 3. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

3.1    Susunan Organisasi
Susunan organisasi kegiatan KKN kelompok 68 Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor, kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang adalah sebagai berikut:
Koordinator    : Aldy Arifian Permadi           / Fakultas Pertanian
Sekretaris        : Khalimatus Sa’diyah             / Fakultas Teknologi Pertanian
Anggota          : Yanggi Eriyanda Darmawan            / Fakultas Ekonomi
  Amrina Rosada Afny            / Fakultas Ekonomi
  Abdul Haqqi                         / Fakultas Teknik
3.2    Jadwal Kegiatan (Matrik)
Kegiatan Kuliah Kerja Terpadu mahasiswa Universitas Jember gelombang I Kelompok 68 T.A. 2014/2015, khususnya kelompok dilaksanakan mulai tanggal 8 Januari hingga 17 Februari 2015 bertempat di Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang. Secara rinci pelaksanaan kegiatan tersebut tempat serta waktu tercantum di halaman berikutnya:
















Matriks Kegiatan Kerja Kuliah Nyata
Program
Tujuan
Volume
Sasaran
Jadwal (minggu ke)
Bentuk Kegiatan
Pelaksana
A. Tahap Persiapan






    1. Survey Lokasi
Memperoleh informasi tentang kondsi desa
4x
Desa Yosowilangun Lor
1
Wawancara dan observasi
Mahasiswa KKN
    2. Lokakarya dengan    
        Masyarakat
Menyampaikan program kerja KKN dan sharing mengenai program kerja
1x
Pengurus GERBANGMAS
1
Sharing dan musyawarah
Mahasiswa KKN dan pengurus GERBANGMAS
B. Tahap Pelaksanaan






    1. Pilar Kesehatan






      a. Penguatan POSYANDU
          dst
Untuk meningkatkan kesehatan warga Dusun Jombang, Desa Yosowilangun Lor
2x

3x


Warga RW 2 dan 5

Warga RW 4,6,10



2

3



Partisipasi kader posyandu.



Kader Posyandu dan mahasiswa KKN.
c.       Kelas gizi



d.      Senam ibu hamil
Untuk meningkatkan gizi warga Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor


Untuk membantu relaksasi ibu hamil saat melahirkan.
3x



1x
Ibu-ibu rumah tangga




Ibu-ibu hamil
2



3
Browsing melalui internet




Senam bersama
Mahasiswa KKN dan Petugas Kesehatan.



Kader posyandu dan mahasiswa KKN.
    2. Pilar Pendidkan






a.    Pendidikan keagamaan dan  PHBS PAUD
Untuk membentuk perilaku yang taat beragama, berpendidikan, dan memiliki moral yang baik.
2x
Murid PAUD
2,3,4
Mengajarkan mengaji, CTPS(Cuci Tangan Pake Sabun).
Mahasiswa KKN
    3. Pilar Ekonomi






a.       On line shop hasil   kerajinan tangan
Untuk membantu mengembangkan pemasaran produk usaha kerajinan tangan warga.

2x
Pengurus GERBANGMAS
3,4
Membuat grup/fan page melalui facebook
Mahasiswa KKN
    4. Pilar Lingkungan






a.       Jumat bersih
b.      PARALING
Untuk meningkatkan kepedulian warga Dusun Jombang Desa Yosowilangun Lor terhadap lingkungan sekitar.

1x
1x
Ibu-ibu GERBANGMAS dan warga
2
3
Kerja bakti menanam toga dan membuat pagar ramah lingkungan.
Pengurus GERBANGMAS dan mahasiswa KKN







BAB 4. BIODATA
BIODATA MAHASISWA KKN UNIVERSITAS JEMBER


Kelompok                                    : 68
Kecamatan, Kabupaten    : Yosowilangun, Lumajang
Desa/Dusun                      : Yosowilangun Lor/Jombang

1.     
Foto 3x4
 
Nama                                : Aldy Arifian Permadi
NIM                                 : 111510501085
Fakultas                            : Pertanian
Jurusan                             : Agroteknologi
Tempat/ tanggal lahir       : Banyuwangi, 19 Februari1993
Alamat asal                      : Jalan Prima, Menceng, Jakarta Barat
Alamat di Jember             : Perumahan Gumuk Kerang Blok A15, Mastrip
Telepon                            : 08988902048
Sebagai                             : Kordes

2.     
Foto 3x4
 
Nama                                : Khalimatus Sa’diyah
NIM                                 : 111710101054
Fakultas                            : Teknologi Pertanian
Jurusan                             : Teknologi Hasil Pertanian
Tempat/ tanggal lahir       : Banyuwangi, 28 Februari 1993
Alamat asal                      : Banyuwangi, Genteng, Desa
  Genteng Kulon Dusun Jenisari, RT 01 RW 01
Alamat di Jember             : Jl. Nias II No.25
Telepon                            : 087859086561/082234186419
Sebagai                             : Sekretaris



3.     
Foto 3x4
 
Nama                                : Yanggi Eriyanda Darmawan
NIM                                 : 110810101058
Fakultas                            : Ekonomi
Jurusan                             : Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Tempat/ tanggal lahir       : Banyuwangi/15 Februari 1992
Alamat asal                      : Jl. Brawijaya 16A, Banyuwangi
Alamat di Jember             : Jl. Sumatra IX no 168A
Telepon                            : 085259749989
Sebagai                             : Anggota

4.     
Foto 3x4
 
Nama                                : Amrina Rosada Afny
NIM                                 : 110810201020
Fakultas                            : Ekonomi
Jurusan                             : Manajemen
Tempat/ tanggal lahir       : Jember, 26 Juni 1993
Alamat asal                      : Jl. KH. Wahid Hasyim gg.10/64 Jember
Alamat di Jember             : Jl. KH. Wahid Hasyim gg.10/64 Jember
Telepon                            : 083847738038
Sebagai                             : Bendahara

5.     
Foto 3x4
 
Nama                                : Abdul Haqqi
NIM                                 : 111910101100
Fakultas                            : Teknik
Jurusan                             : Teknik Mesin
Tempat/ tanggal lahir       : Banyuwangi/30 November 1990
Alamat asal                      : Sukopuro Wetan Rt 04 Rw 01 Srono
  Banyuwangi
Alamat di Jember             : Jl. Bengawan Solo III
Telepon                            : 08170807488
Sebagai                             : Anggota

BAB 5. PENUTUP

Pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu upaya Perguruan Tinggi dalam melibatkan mahasiswa secara langsung sebagai dinamisator, motivator dan inovator dalam masyarakat Desa. Setelah dilakukan pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini diharapkan akan adanya suatu perubahan bagi masyarakat Desa baik dari segi pola pikir masyarakatnya maupun sikap kesehariannya.
Proposal ini merupakan salah satu upaya guna memperjelas ke arah mana masyarakat diarahkan guna terwujudnya cita-cita pembangunan yang adil dan merata di segala bidang. Demikian usulan proposal kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang I kelompok 68 T.A. 2014/2015 di dusun Jombang desa Yosowilangun Lor, kecamatan Yosowilangun, kabupaten Lumajang kami susun. Besar harapan kami mendapatkan dukungan dan bantuan dari bapak/ibu sekalian guna kelancaran kegiatan-kegiatan yang sudah kami rencanakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar